Home » , , » Tips Dan Cara Agar Anak Cerdas dan Sehat

Tips Dan Cara Agar Anak Cerdas dan Sehat

Sebagai orang tua pasti menginginkan anak yang cerdas dan sehat. Namun untuk mendapatkan hal tersebut, tidak bisa diperoleh dengan mudah. Perlu perjalanan parenting yang panjang. Banyak anak yang tumbuh tidak sehat karena kurangnya asupan gizi yang baik. Tumbuh kembang anak sangat tergantung pada asuhan orang tua. Peran orang tua yaitu ayah dan ibu sangat penting agar anak cerdas dan sehat. Kedua orang tua harus saling bekerjasama. Tak hanya ibu saja atau ayah saja. Ini akan berpengaruh terhadap psikologi anak nantinya. Berikut ini beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk membuat anak tubuh cerdas dan sehat.

Cara Agar Anak Cerdas dan Sehat

Panduan Cara Mendidik Anak agar Cerdas dan Sehat

1. Lingkungan

Selain komunikasi, lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak anda. Hampir 50% perilaku anak terpengaruh dari lingkungan. Lingkungan ini termasuk lingkungan keluarga, rumah, sekolah, pergaulan dan lain sebagainya. Terkadang lingkungan di rumah sudah baik tetapi di sekolah tidak ini akan sangat berpengaruh. Tetapi yang paling utama adalah adanya pendidikan pendirian yang baik dari rumah. Jadi dia bisa memilih lingkungan mana yang baik dan mana yang tidak baik untuk di dekati.Ketika anak anda sudah masuk ke dunia sekolah, cobalah untuk selalu berkomunikasi dan memantau semua tumbuh kembang dan pergaulan anak anda.

2. Berikan Gizi Yang Seimbang

Yang paling mempengaruhi kesehatan dan kecerdasan anak adalah gizi yang anda berikan.Anak yang sehat dan cerdas pasti mempunyai asupan gizi yang baik. Berilah makanan dan minuman yang bergizi untuk anak anda. Terutama buat anak anda yang sedang dalam masa tumbuh kembang. Perbanyak gizi yang seimbang sangatlah penting. Setiap pagi berikan makanan yang sehat dan ajari anak untuk selalu makan sayuran. Banyak anak-anak yang tidak suka sayuran karena tidak dibiasakan oleh orang tuanya.

3. Komunikasi Yang Baik

Komunikasi yang baik dengan anak sangatlah penting. Ini akan membuat anak lebih sehat dan cerdas. Dari beberapa penelitian, kata-kata yang baik akan merespon otak dengan baik dan akan berpengaruh terhadap perilaku anak tersebut. Banyak orang tua yang sering memarahi anak dan berbicara kasar kepada anak. Ketika sudah dewasa anak itu akan berperilaku menyimpang. Anak di usia pertumbuhan antara 1 sampai 5 tahun,masih mempunyai otak yang mudah menangkap. Dia akan menangkap semua ucapan yang keluar dari orang tuanya dan disimpan dalam otak. Jadi ketika memarahi anak anda, gunakanlah kata-kata yang baik dan nasehati dengan cara yang bijak.

4. Tontonan Anak

Saat ini tontonan di televisi Indonesia sudah tidak mendidik untuk anak. Banyak tontonan orang dewasa yang tayang di jam prime time. Ini akan sangat berpengaruh terhadap kecerdasan dan kesehatan anak anda. Apalagi sekarang sinetron Indonesia sudah seperti racun yang membuat anak-anak dewasa sebelum waktunya. Mungkin berbeda dengan tontonan tahun 90an yang lebih terfilter dan sangat banyak tontonan untuk orang dewasa. Jadi ketika anak menonton tv pantau tontonan apa yang mereka tonton. Tetapi ketika anak di dalam kamar, anda juga jangan menonton tayangan yang tidak baik. Jadi berikan pembelajaran yang baik pada anak.
Selain itu setiap akhir pekan, ajaklah anak anda untuk bermain sambil berolahraga. Di badan yang sehat, pasti akan menghasilkan pemikiran yang cerdas. Anda bisa bermain dengan anak anda setiap minggu sambil berolahraga di sekitar rumah. Mengajari anak untuk olahraga merupakan hal yang sangat baik. Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar anak cerdas dan sehat.Dalam hal ini, peran orang tua sangatlah penting.

0 komentar:

Poskan Komentar

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail